Semarak Taman Anggrek Jambi

Habis dari kantor gubernur Jambi, saya mencoba masuk ke taman anggrek. Katanya lokasinya di depan kantor gubernur. Saya mencoba berjalan menuju rumah sakit di samping kantor gubernur. Namun, rupanya pintu masuk taman anggrek ini berada di depan kantor gubernur. Di sebuah jalan di sebelah kanan jalan. Dekat dengan kantor camat Telanaipura kota Jambi.


pintu masuk taman anggrek

Tiket masuk taman anggrek sangat terjangkau. Saya cukup membayar dua ribu rupiah. Taman ini  lengkapnya bernama Taman Anggrek Prof Sri Sudewi SH. Beliau pencetus taman ini. Beliau merupakan istri Gubernur Jambi Masjchun Sofwan yang memerintah provinsi Jambi tahun 1979 hingga 1989. Taman ini sendiri diresmikan oleh ibu negara Tien Soeharto pada tahun 1984.

 


kebun anggrek

Suasana disini sangat asri. Banyak pepohonan sehingga suara burung sangat mudah dijumpai. Katak berenang di kolam bersama ikan-ikan. Cocok untuk sejenak ‘kabur’ dan ngadem dari hiruk pikuk kota Jambi yang cenderung panas.


pohon beringin dan kolam ikan

Disini anggrek dipelihara dengan cukup terawat. Ada yang ditaruh dalam pot di dalam ruangan. Ada juga yang ditanam di luar ruangan. Katanya ada 53 spesies anggrek disini. Berasal dari seluruh penjuru nusantara. Namun, saya hanya mendapati enam spesies anggrek saja. Itupun agak susah ditemui karena tidak setiap tanaman anggrek sedang mekar. Tidak semua anggrek dilengkapi dengan keterangan nama sehingga saya cukup menagumi keindahan anggrek tanpa tahu namanya.


anggrek aneka warna

Kata kawan saya yang orang Jambi, kabarnya istri gubernur yang sekarang kurang menyukai tanaman sehingga perawatan taman anggrek disini agak terbengkalai hehehe.


Tidak hanya anggrek, disini juga ditanam aneka jenis bunga. Mulai dari mawar, bougenvil dan bunga lain yang tidak saya ketahui namanya. Pokoknya indah semua dan sangat memanjakan mata 😀


Aneka tanaman hias

Di dekat galeri tanaman hias saya menemukan sebuah danau buatan. Dilengkapi dengan pondok di tepi danau dan taman bermain. Teratai tumbuh di salah satu sisi danau. sangat asri dan damai.

Masih ada kejutan lain di taman anggrek ini. Saya menemukan sebuah tempat di sudut taman yang berfungsi sebagai tempat pembibitan tanaman obat dan buah-buahan, Saya menemukan nama-nama tanaman dan buah yang cukup asing di dengar.

pohon buah kepel,  jambu mawar dan  cermai

Tidak ketinggalan ada pohon palem merah, tanaman yang ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Jambi.

tanaman lada, palem merah dan cincau

Taman ini rupanya dilegkapi dengan WiFi dan jalur khusus untuk penderita stroke. Yang sehat-sehat juga bisa memakai jalur stroke untuk meningkatkan kesehatan. Namun, saya tidak bisa mencoba WiFi karena tidak membawa ponsel WiFi. 😦


jalur stroke dan gapura angsa

Untuk pecinta bunga dan tanaman hias, ayo bermain-main ke tempat ini.

Taman Anggrek Prof Sri Sudewi SH
Buka :
Senin-Kamis dan  Sabtu-Minggu : 08.00-17.00
Tiket :
Dewasa : Rp 2.000,-
Anak : Rp 1.500,-
Rombongan : Rp 1.500,-

4 comments

Tinggalkan Balasan

