Hok Tek, Kelenteng Tertua di Jambi

Kelenteng ini sering saya lewatkan begitu saja dalam perjalanan naik angkot kuning dari Pasar Angso Duo menuju arah Simpang Kawat. Padahal letaknya persis di tepi jalan MH Thamrin kota Jambi. Tepatnya di kiri jalan sebelum simpang Makalam dari arah pasar. Maka ketika saya sedang ada waktu senggang di kota Jambi, saya menyempatkan diri melihat kelenteng ini dari dekat.

Kelenteng ini berukuran sangat kecil. Berwarna putih bersih, beda dengan kelenteng kebanyakan yang berwarna merah menyala. Mungkin karena segala jenis kegiatan kebudayaan dan perbadatan etnis Tionghoa dibungkam oleh rezim Orde Baru. Nyaris tidak ada ornamen yang mencolok. Bagian yang cukup eye catching hanyalah pintu, meja dan atap yang berwarna merah, hijau dan kuning. Lukisan khas Tiongkok terpampang di atas pintu. Kaligrafi Cina menghias di setiap pilar.

Hok Tek, inilah nama kelenteng ini. Sering disebut juga sebagai kelenteng Siu San Teng. Merupakan rumah ibadah agama Kong Hu Chu, Tao dan Buddha tertua di provinsi Jambi. Kelenteng ini berdiri sekitar tahun 1800. Kegiatan peribadatan berlangsung disini sampai tahun 1982. Seiring dengan perkembangan jaman, kelenteng ini tidak mampu memuat umat yang beribadah. Oleh karena itu, dibangun sebuah kelenteng dengan nama sama tetapi dengan ukuran yang lebih besar di kawasan Kampung Manggis, Jelutung. Seluruh isi kelenteng termasuk patung Dewa Hok Tek dipindahkan ke kelenteng Hok Tek baru.

Kini kelenteng Hok Tek lama merana tanpa perhatian siapa-siapa. Lantai yang kusam berteman dengan dinding yang tampak kotor. Bahkan saat perayaan Imlek tiba, kelenteng ini luput dari perhatian umat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s