Menara Air Tirta Mayang, Saksi Proklamasi di Jambi

Bangunan ini berdiri kokoh di pusat kota Jambi. Terletak di kawasan Benteng, jalan Slamet Riyadi. Dekat dengan masjid raya Al Falah, di seberang museum Perjuangan Rakyat Jambi dan di tepi sungai Batanghari.

Menara yang terdiri dari sebuah menara dan diapit sepasang menara yang lebih pendek ini dikenal sebagai menara Benteng atau PDAM Tirta Mayang. Berfungsi sebagai menara penyimpan air untuk kebutuhan air minum bagi masyarakat kota Jambi.


Menurut sejarah, menara ini dibangun tahun 1928 oleh dewan kotapraja Jambi. Selain sebagai menara air, dulu menara ini difungsikan sebagai menara kontrol untuk mengintai musuh yang kemungkinan berlalu lalang di sungai Batanghari. Menara ini adalah gedung tertinggi di Jambi kala itu. Di dekat menara ini dulu kabarnya terdapat benteng buatan Belanda. Sekarang benteng itu sudah tidak bisa dijumpai.

Pasca kemerdekaan, di puncak menara tertinggi dikibarkan bendera merah putih untuk pertama kalinya. Para pemuda dari seluruh penjuru kota Jambi berkumpul untuk menyaksikan upacara pengibaran bendera pada tanggal 19 Agustus 1945.

Menara ini akhirnya diambil alih oleh pemerintah kota Jambi dan dijadikan aset PDAM Tirta Mayang. Seiring dengan perkembangan kota, peranan menara ini mulai berkurang dengan dibangunnnya menara-menara air di kawasan lain. Pada tahun 1982 menara Benteng ditutup. Menara Benteng difungsikan lagi tahun 1993. Namun, dari tiga menara hanya satu menara di sebelah kiri yang masih dipakai sebagai menara pengolahan air

Menara yang berdiri gagah ini terkesan kurang terawat. Warna catnya tampak belang belang. kotor dan kumuh. Sayangnya saya tidak bisa masuk ke menara karena terkunci dari luar. Menurut sebuah sumber dari internet, menara ini tidak bisa dimasuki tanpa izin dari PDAM.


Hal ini seakan kontras dengan sebuah bangunan baru tidak jauh dari menara. Bangunan berwarna biru muda ini terlihat bersih dan terawat. Manusia memang sering lupa. Lupa untuk melestarikan sejarah masa lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s