Tanjung Hatta, Tak Seagung Namanya

Selain pesanggrahan, rupanya masih ada satu tempat untuk melihat danau Kerinci di Sanggaran Agung. Namanya bukit Tanjung Hatta. Jika pesanggrahan berdiri sejajar dengan permukaan air danau Kerinci, maka Tanjung Hatta berada di ketinggian bukit.

Bukit ini sebenarnya sering saya lihat jika melintasi Sanggaran Agung dari arah Jambi. Letaknya yang menjorok ke danau cukup menyolok pandangan. Di puncak bukit terdapat tulisan “Sakti Alam Kerinci”.

Untuk menuju ke puncak bukit, saya melewati sebuah lorong kecil sebelum tikungan kecil menuju kantor camat Danau Kerinci. Lorong ini berujung di kantor desa Sanggaran Agung yang gedungnya sangat sederhana. Di sampingnya berdiri sebuah sekolah yang sepertinya tidak terpakai lagi.

Saya memarkirkan motor di samping kantor desa. Tepat di bawah anak tangga menuju puncak bukit. Anak tangga yang berjumlah sekitar tiga puluh buah saya lihat tidak terawat. Semak tingggi menutup separuh tangga. Mungkin kurang perawatan karena tidak ada tiket masuk menuju Tanjung Hatta.


Berjalan sekitar tiga menit,saya sampai di puncak bukit Tanjung Hatta. Terdapat sebuah gardu pandang yang kondisinya kotor penuh sampah makanan dari pengunjung. Disini saya lihat memang tidak terdapat tempat sampah. Semak tinggi tumbuh liar. Membuat pemandangan danau Kerinci tidak bisa terlihat sempurna.

Di belakang gardu pandang terdapat sebuah pohon beringin tua. Pohon ini ditanam oleh Bung Hatta pada tahun 1953 dalam kunjungannya ke Kerinci. Beliau juga sempat mengunjungi masjid Agung Pondok Tinggi di Sungai Penuh.

Jembatan Sanggaran Agung 

Bukit


Terhalang semak

Keramba

Sayang, Tanjung Hatta sekarang kondisinya kurang terawat. Butuh perhatian dari masyarakat dan pemerintah agar objek wisata ini kembali bersolek dan diminati masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s