Batu Silindrik Pulau Sangkar

 Dari Pondok, saya menyusuri jalan menuju desa pulau Sangkar. Mata saya awas mengamati kiri kanan jalan barangkali ada papan petunjuk batu silindrik. Sampai akhirnya mata saya menangkap sebuah bangunan kecil berpagar dengan papan nama di tepi sebuah sungai. Dekat proyek jembatan baru Pulau Sangkar. Ternyata tebakan saya benar. Menurut penjelasan seorang bapak yang sedang beristirahat di atas jembatan, bangunan di tepi sungai adalah rumah bagi situs batu silindrik Pulau Sangkar. Sayangnya akses menuju situs ditutup pagar seng tinggi untuk pembangunan jembatan baru. Saya mencoba mengucapkan salam, tetapi tidak ada balasan. Tidak kurang akal, saya menemukan celah dan menyelinap di atas pagar. 😀

Tidak ada jalan setapak menuju situs. Saya harus melewati pematang sawah. Sawah yang menguning siap dipanen. Sedap sekali dipandang mata.

Situs ini dikelilingi semak tinggi. Pagar keliling dan atap masih cukup kokoh meski papan namanya sudah mulai berlumut. Pintu pagarnya tidak dikunci sehingga saya bisa masuk untuk mengamati dari dekat.

Terlihat dua orang pemancing sedang menikmati hobinya di tepi sungai dekat batu silindrik. Saya tidak ingin mengganggu mereka yang sedang asyik menunggu ikan sambil duduk hening.


Di dalam situs ini, terdapat sebuah batu berbentuk bulat panjang. Namun, pahatannya tidak sehalus batu megalitik di tempat-tempat lain. Saya tidak bisa menduga apa kegunaan batu ini. Namun, jika dilihat dari ukurannya yang berukuran sekitar 3 meter mungkin dipakai sebagai nisan purba #asal. Di salah satu sisi batu terdapat empat batu yang lebih kecil seukuran kepala manusia dewasa.

Situs ini berada di tepi jalan raya Kerinci-Bangko, tetapi tidak banyak diketahui orang.

Iklan

2 comments

  1. bagus,,, saya sebagai orang kerinci asli, tepatnya jg brada d tmpat batu yg d foto tsb, memang sih dari dulu batu itu tak terjaga,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s