5D4N CouchSurfer Perancis di Kerinci (2)

Rabu, 30 Januari 2013
Mungkin karena kecapekan, Paul dan Sarah bangun agak siang. Rencananya mereka akan pergi ke Kayu Aro dan air terjun Telun Berasap. Saya tidak sempat membeli sarapan untuk mereka. Setelah mandi, saya mengantar mereka menuju simpang lima Koto Renah. Saya sudah menggambarkan peta dan menjelaskan sedikit tips kepada mereka untuk berwisata ke Kayu Aro.Tidak sampai sepuluh menit datang mobil menuju Pelompek. Saya menyetop mobil dan berpesan kepada sopir agar menurunkan mereka di simpang Kersik Tuo. Setelah mereka naik, saya kembali ke kantor.

Sore hari Paul dan Sarah pulang. Mereka menunjukkan foto-foto di Kayu Aro dan air terjun Telun Berasap. Cuaca mendung menghiasi semua foto mereka. Di Kersik Tuo, Paul tidak menemukan ojek menuju pintu rimba sehingga dia tidak kesana. Setelah puas keliling Kayu Aro mereka menuju air terjun Telun Berasap.

Malam hari kami semua berkumpul di ruang tamu. Paul mengeluarkan kartu permainan bernama UNO. Ukurannya mirip kartu remi. Inti permainannya adalah pemain harus menghabiskan kartu yang dipegangnya secepat mungkin. Pemain yang pertama menghabiskan kartu akan menjadi pemenang. Cukup mudah untuk diikuti. Namun, saya beberapa kali kalah dan cuma sekali menang.

Setelah main UNO, kami makan malam. Malam itu saya mengajak mereka makan bakso dan mie ayam langganan di dekt hotel Aroma. Kami berjalan kaki dari rumah melewati lapangan Merdeka lalu ke kedai mie ayam. Saya pesan mie ayam dan mereka makan bakso. Paul tidak suka pedas sehingga dia makan bakso tanpa saus. Sepertinya mereka tidak terlalu menyukai bakso. Setelah makan Paul dan Sarah tidak berkata apa-apa. Hmm…

Habis makan saya mengajak mereka ke masjid agung Pondok Tinggi, ikon kota Sungai Penuh. Hanya kami bertiga pengunjung masjid malam itu. Paul dan Sarah dikutip uang masing-masing sepuluh ribu rupiah sebagai biaya tiket masuk. Sedangkan saya gratis hehe. Dari masjid kami lalu berfoto-foto di tugu KB dekat masjid agung. Mereka menyebutnya “tugu perdamaian”.

Kamis, 31 Januari 2013
Pagi hari sehabis mandi saya beli sarapan. Saya beli ketan, bakwan, dan tahu isi. Kue-kue itu saya taruh di ruang tamu. Paul dan Sarah belum bangun. Sementara saya harus mengikuti sosialisasi bendahara di KPPN. Saat mengikuti rapat ponsel saya berdering. Paul mengatakan bahwa dia dipaksa membayar Rp 10.000,- untuk sekali jalan dari Sungai Penuh ke Semurup. Padahal tarif normalnya hanya Rp 3.000,-.

Paul dan Sarah pulang dari Semurup jam dua siang. Mereka rupanya naik travel jurusan Padang, bukan naik angkot. Sewaktu sopir travel mengatakan “dua puluh ribu” mereka langsung naik. Mereka pikir ongkos ke Semurup “dua ribu”. Mereka baru menyadari setelah mereka turun di Semurup. Dari simpang tiga Semurup ke lokasi air panas yang berjarak sekitar 2 km mereka memilih jalan kaki. Dari foto-foto Paul di Semurup, saya baru tahu kalo ada mata air panas lain berwarna hitam di dekat mata air panas yang berwarna biru. Wow πŸ™‚

Sebelum makan malam, Paul kembali mengajak saya bermain UNO. Kali ini saya beberapa kali menang πŸ™‚ Habis main, Paul bilang akan mentraktir saya makan. Kami lalu jalan kaki ke pasar. Disana kami makan mie rebus kembali sedang Sarah ingin mencoba mie goreng. Sarah tampak tidak menikmati makanannya karena mienya sepertinya terlalu pedas meski saya sudah pesan mie tidak pedas.

Habis makan kami menuju Minum Kawo Square, pasar malam ala Sungai Penuh. Paul membeli dua buah dvd film. Rupanya film itu diberikan kepada saya. Terimakasih Paul πŸ˜‰

Jumat, 1 Februari 2013
Ini adalah hari terakhir Paul dan Sarah di Sungai Penuh. Jam delapan pagi mereka telah bersiap-siap. Saya memberikan teh Kayu Aro sebagai kenang-kenangan untuk mereka. Sekitar jam sembilan mobil travel menuju Jambi akan datang menjemput mereka ke Jambi. Jam setengah sepuluh mobil baru datang. Sampai jumpa lagi, Paul dan Sarah. πŸ™‚