Masjid Tigo Luhah dan Rumah Adat Semurup

 Masyarakat Kerinci terkenal memegang adat, budaya serta pemeluk agama Islam yang taat. Banyak ditemui masjid dan rumah adat dengan bentuk yang indah dan monumental. Salah satunya adalah rumah adat Nge Munganjung dan masjid raya Tigo Luhah Semurup di kecamatan Air Hangat. Rumah ini disebut rumah gedang. Dipakai untuk menyimpan benda pusaka peninggalan nenek moyang.



Tepat di samping rumah gedang terdapat anjugan yang dipakai untuk kenduri sko, acara rutin yang digelar beberapa tahun sekali. Pada saat kenduri sko, masyarakat Semurup akan berdatangan untuk melihat pencucian benda pusaka dan pengangkatan pemimpin negeri / depati.


  

Masjid raya Tigo Luhah Semurup berada di samping rumah gedang Nge Munganjung. Tepat di depan kantor desa Balai. Dekat dengan sebuah sungai. Sekilas tidak ada yang istimewa dengan masjid ini. Namun, jika masuk ke dalam. Akan terlihat bahwa masjid ini dibangun tanpa menggunakan tiang. Masjid ini dibangun dengan bantuan yayasan yang dipimpin mantan presiden Soeharto.

Masjid ini dilengkapi dengan sebuah menara azan yang berdiri di tengah-tengah jalan depan masjid. Menara ini terdiri dari alas menara dan tiga lantai. Alas menaraya sangat besar. Bisa dilewati oleh sebuah mobil.

Rumah Gedang Nge Munganjung dan Masjid Raya Tigo Luhah Semurup
Lokasi : Desa Balai, Kec. Air Hangat, Kab . Kerinci
(500 meter dari jalan raya Kerinci-Padang)

Iklan

3 comments

  1. Artikel ini sangat informatif. Bahasanya deskriptif. Kalimatnya tidak imajinatif. Tulisannya membuat si pembaca (terutama saya) persuasif.

    *jadi mupeng kesana hikz
    fakh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s