Museum Perjuangan TNI Bukit Barisan

Dua kali saya sengaja berkunjung ke museum ini, dua kali juga saya menelan kekecewaan. Saya datang saat museum ini sedang tidak menerima kunjungan. Museum ini buka Senin hingga Jumat. Berbeda dengan kebanyakan museum yang buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Tak ayal, saya hanya bisa menikmati pesona museum militer ini dari luar.

Menurut sejarah gedung ini didirikan pada tahun 1928 oleh pemerintah Belanda sebagai kantor perusahaan asuransi Arhnehen. Gedung ini lalu dikuasai pemerintah Indonesia mulai tahun 1947 dan dipakai sebagai kantor Kodam. Antara tahun 1959 hingga 1971 dipakai untuk kantor Angkutan Kodam. Baru mulai tahun 1971 dijadikan sebagai museum.

Gedung berwarna hijau pucat ini dilengkapi dengan relief yang menceritakan perjuangan masyarakat Sumatera Utara melawan penjajah Belanda. Salah satu peristiwa yang cukup dikenang rakyat adalah perang Medan Area. Perang ini terjadi pada tanggal 10 Desember 1945 melibatkan antara tentara Sekutu dan NICA melawan rakyat Medan.

 

Relief yang lain berjudul patah tumbuh hilang berganti. Menggambarkan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang digambarkan dengan relief proklamasi kemerdekaan RI. Dilengkapi dengan teks proklamasi, UUD 1945 dan Pancasila.

Museum ini juga dilengkapi dengan monumen berwujud api. Melambangkan semangat perjuangan masyarakat Sumatera Utara yang menyala-nyala dan tak kunjung padam.

Satu-satunya koleksi museum yang bisa saya lihat adalah senjata militer. Senjata ini ditaruh di halaman jadi bisa saya amati. Kabarnya, museum ini menyimpan 555 koleksi seperti senjata, alat komunikasi, pakaian perang dan dokumentasi perjuangan mempertahankan kemerdekaan tahun 1945 hingga 1948. Sayang sekali saya belum bisa masuk untuk melihat-lihat koleksi museum. 🙂

Museum Perjuangan TNI Bukit Barisan
Jalan Zainul Arifin No. 8 Medan
Buka : Senin-Jumat pukul 07.00-15.00
Tiket masuk : sukarela

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s