Annai Velangkanni, Gereja Katholik Rasa India

Pintu gerbang masuk bangunan ini berupa miniatur rumah adat Karo. Pagarnya dihiasi dengan relief orang-orang yang mengenakan pakaian adat berbagai etnis di Indonesia. Menggambarkan bahwa tempat ini terbuka untuk siapa saja tanpa memandang suku dan ras.

  

Awalnya, Taufiq kawan saya dari CouchSurfing Medan yang membawa saya ke tempat ini. Menilik bentuknya yang sekilas mirip candi, saya mengira ini adalah rumah ibadah agama Hindu atau Buddha. Ternyata tebakan saya meleset. Bangunan tinggi menjulang ini rupanya adalah gereja Katholik. Namanya Graha Maria Annai Velangkanni.

Bangunan ini awalnya dibangun oleh pendatang dari Tamil, India selatan yang menganut agama Katholik. Bangunannya yang sekilas seperti candi Prambanan menganut ciri arsitektur Indo-Moghul. Gereja ini mulai dibangun tahun 2001 dan selesai tahun 2005. Beberapa hari setelah diresmikan sebuah mata air tiba-tiba muncul di bawah kaki patung Bunda Maria. Banyak umat Katholik yang datang untuk minum air dari sumber mata air tersebut. Mereka menganggap air tersebut bertuah.

Bangunan utama gereja berbentuk menara yang terdiri dari dua tingkat. Lantai dasar dijadikan aula dan lantai atas dipakai sebagai ruang ibadah.Kubah gereja berjumlah tiga melambangkan konsep ketuhanan Trinitas dalam agama Katholik yaitu Allah, Yesus dan Roh Kudus. Menara yang terdiri dari tujuh jenjang melambangkan tujuh tingkatan surga.

 

Untuk menuju lantai atas, saya berjalan kaki melewati tangga melingkar menuju pintu masuk lantai dua. Saat itu sedang ada kebaktian di dalm gereja. Saya hanya bisa melihat-lihat dari luar. Saya lalu turun ke halaman dengan kembali melewati tangga melingkar.

 
Gereja ini dilengkapi dengan kapel untuk berdoa kepada Maria, kapel untuk mengenang Paus Yohannes Paulus II, serta asrama untuk umat Katholik yang ingin menginap di dekat gereja. Gereja ini terbuka untuk semua umat Katholik, bukan hanya untuk bangsa Tamil saja. Malah, banyak pengunjung non-Katholik datang kesini untuk melihat-lihat keindahan gereja ini.

Graha Maria Annai Velangkanni
Jalan Sakura III No.7-10 Komp. Taman Sakura Indah
Tanjung Selamat, Medan

2 comments

  1. sebagai traveller spesialis penikmat wisata bangunan klasik, saya sangat mengagumi bangunan yang satu ini, semoga suatu saat saya bisa mengunjunginya, salam
    fakh jakarta

    • medan is recommended ..
      ya, karena medan tuh metropolitannya sumatera mas, jadi semua etnis dan ras ada disana hehehe …

Tinggalkan Balasan

