Batik Jambi


Motif Angso Duo


Motif Batanghari


Motif Nanas


Motif Durian Pecah


Motif Melati


Motif Kapal Sanggat

Berani, cerah dan berwarna-warni. Itulah kesan yang diterima indera melihat batik Jambi. Batik ternyata tidak hanya dikenal di Jawa. Jambi juga punya, tepatnya dibuat di Sekoja, di seberang sungai Batanghari.

Batik tulis Jambi mempunyai motif yang unik dan bermakna filosofis sangat dalam. Batik dengan motif kapal sanggat melukiskan kapal yang tersangkut. Ini menunjukkan jika manusia tidak berhati-hati dalam bekerja maka hidupnya akan tersangkut masalah.  Lalu motif durian pecah menggambarkan sebuah durian yang terbelah dua, tetapi masih terikat pada salah satu sisinya. Hal ini mengajarkan bahwa untuk mencapai hidup sempurna manusia harus menguasai dua hal. Yaitu iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu motif angso duo dan Batanghari menunjukkan kekhasan kota Jambi yaitu dilewati sungai Batanghari dan dimitoskan mempunyai hubungan dengan dua ekor angsa yang dipunyai oleh sultan pertama Jambi.

Foto-foto diambil dari selasar hotel Permata Bungo Plasa, kota Muara Bungo. Bersyukur sekali hotel ini masih mau melestarikan dan memperkenalkan batik Jambi kepada tamu-tamu yang menginap di hotel ini 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s