Segarnya Mandi Air Panas (2)

Setelah beberapa hari yang lalu saya dan Andri ke Semurup, kemarin kami pergi ke Sungai Medang. Masih dengan tujuan yang sama yaitu untuk mandi air panas.

Dari Sungai Penuh, Sungai Medang bisa dicapai dengan motor. Tidak ada angkutan yang menuju Sungai Medang selain ojek. Dari rumah saya melewati jalan MH Thamrin di Sumur Anyir menuju arah Simpang Tiga Rawang. Dari Rawang masih lurus ke arah Koto Lanang. Di simpang tiga Koto Lanang tepatnya sesudah Mapolsek Air Hangat Timur kami belok kanan.

Di sepanjang perjalanan kami melihat indahnya persawahan yang menghijau. Di depan sana terbentang bukit yang menghijau. Sampai di simpang tiga Sungai Tutung, saya belok kiri ke arah Sungai Medang.

Kami belok kanan di simpang tiga bertuliskan objek wisata air panas Sungai Medang. Tinggal lurus mengikuti jalan, akhirnya saya sampai di pintu masuk air panas berupa dua buah gapura berarsitektur Melayu Jambi. Tiket masuk biasanya sebesar empat ribu rupiah per orang. Namun, saat itu tidak ada petugas yang berjaga di pintu gerbang sehingga kami bebas masuk tanpa membayar πŸ™‚ .

Terlihat banyak sekali motor dan mobil terparkir di parkiran. Pasti banyak sekali yang mandi air panas. Andri memiih belok kanan ke arah air terjun Sungai Medang. Bukan mau ke air terjun, tetapi ke arah hotel Serambi Madinah, satu-satunya penginapan kelas melati di Sungai Medang. Lokasinya hanya beberapa langkah dari tempat parkir wisata Sungai Medang.

Tepat di belakang hotel ini terdapat deretan kamar mandi yang disewakan. Hanya lima ribu rupiah tarif sekali mandi. Sedangkan tarif mandi di tempat wisata yang biasa adalah tiga ribu. Di hotel sedikit lebih mahal tetapi kamar mandinya lebih bersih.

Β 

Berbeda dengan pemandian di Semurup yang berwujud bak mandi, pemandian disini berupa pancuran. Saya bisa duduk sambil bermain air yang mengalir tiada henti. Airnya tidak terlalu panas seperti di Semurup, cukup hangat. Air panas disini mengandung belerang sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Selesai mandi badan terasa sangat segar. πŸ˜€ Sambil menunggu Andri selesai mandi di kamar lainnya, saya berjalan menuju sumber air panas.

Untuk menuju sumber air panas, saya harus mendaki sebuah bukit kecil. Di sebelah kanan terdapat sebuah kolam renang alam yang dipakai anak-anak untuk mandi. Airnya keruh dan coklat.

Sumber air panas berada di puncak bukit. Berupa sebuah kolam mini berukuran luas sekitar dua meter persegi. Kolam ini selalu mengepulkan asap dan berbau menusuk khas belerang. Saya lihat beberapa anak muda duduk di sekitar kolam untuk menghangatkan diri. Disini pengunjung juga bisa merebus telur dan pisang yang bisa dibawa dari rumah. Dari kolam ini dipasang pipa-pipa untuk menyalurkan air panas ke kamar mandi di bawahnya.

Dari puncak bukit tampak pemandangan kota Sungai Penuh. Bukit Barisan dan sawah terbentang luas. Tempat wisata ini sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke Kerinci. πŸ™‚

Pemandian Air Panas Sungai Medang
Jalan Sungai Medang-Kemantan, Sungai Medang, Air Hangat Timur, Kerinci
Buka setiap hari
Tiket masuk : Rp 4.000,- / orang
Tarif mandi (biasa) : Rp 3.000,- / orang
Tarif mandi hotel Serambi Madinah : Rp 5.000,- / orang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s