Taman Rimbo, Kebun Binatang Nuansa Musik Klasik

Cukup lama saya mendengar nama kebun binatang ini. Letaknya hanya lima menit berkendara dari pintu keluar bandara Jambi. Saya sering melewatkan tempat ini padahal sering melewatinya. Saya dulu pernah ke  lokasi taman mini Jambi yang lokasinya bersebelahan dengan Taman Rimbo. Namun, tidak tertarik sedikitpun melongok koleksi satwa di Taman Rimbo. Alasannya menurut sebuah blog yang pernah saya baca, Taman Rimbo tidak terurus dengan baik, kotor, dan koleksi satwanya tidak banyak.

Sampai suatu ketika Danan, teman saya meng-upload foto-foto Taman Rimbo. Koleksi Taman Rimbo sudah jauh berkembang dan penataannya lebih terawat. Saya akhirnya tertarik untuk membuktikan kebenaran foto-foto teman saya. Lagian, saya sudah lama tidak berkunjung ke kebun binatang. Terakhir saya ke kebun binatang Taman Kinantan di Bukittinggi pada tahun 2009.

Ketika saya mendapat tugas kantor ke kota Jambi minggu kemarin, saya sengaja meluangkan waktu untuk berkunjung ke Taman Rimbo. Saya ditemani seorang kawan yang bekerja di Jambi. Untuk menuju Taman Rimbo dari pusat kota cukup naik angkot merah jurusan bandara. Turun di pintu masuk bandara lalu berjalan kaki menuju arah Taman Rimbo sekitar lima ratus meter.

Pintu masuk Taman Rimbo berupa sepasang monumen berbentuk gading gajah yang diapit harimau Sumatera. Gajah dan harimau adalah satwa langka yang masih banyak hidup di beberapa taman nasional di provinsi Jambi. Tiket masuk Taman Rimbo cukup terjangkau. Lima ribu rupiah untuk pengunjung dewasa dan dua ribu untuk anak-anak.

  

Begitu masuk, kami disambut sebuah  kubah raksasa yang ternyata adalah kandang burung. Bangunan berbentuk setengah bola ini mirip dengan kubah di taman burung Taman Mini Jakarta. Beberapa burung hidup di dalamnya seperti elang, pelikan, bangau, bahkan merak sang raja burung juga ada.

Beranjak ke sebelah kanan terdapat gajah Sumatera, hewan ini dijadikan tunggangan pengunjung saat hari Minggu. Sayup-sayup saya mendengar musik klasik yang diputar ke seluruh penjuru kebun binatang. Ditambah dengan hembusan angin yang berhembus dari pepohonan bikin saya ngantuk saja hehehe 🙂

 

Selanjutnya saya berkeliling melihat satu per satu penghuni kebun binatang ini. Ada tapir yang kakinya sepertinya terluka, kanguru tanah dan tidak lupa bercanda dengan beberapa siamang. Salah satu siamang menjulurkan tangannya ke luar kandang seolah ingin meminta makanan dari saya. Sayang saya sedang tidak membawa makanan apapun 🙂

    

Beberapa hewan yang lain adalah kancil, rusa, reptil seperti biawak, ular piton. Karena disini belum ada unta, dibuat patung sepasang unta untuk mengobati penasaran pengunjung akan rupa unta 😀

 Beberapa hewan ternak juga menjadi koleksi taman rimbo seperti ayam, angsa, kelinci dan kuda.

Namun, favorit pengunjung disini adalah harimau Sumatera. Mereka ditempatkan di sebuah kandang khusus di sudut kebun. Kandang mereka dikelilingi parit selebar dua meter dan pagar tinggi demi keselamatan pengunjung. Kandang beruang madu dan buaya juga diberi perlakuan khusus untuk menjamin keamanan pengunjung.

 

Akhirnya, tidak sampai satu jam kami sudah mengelilingi semua areal kebun binatang. Tidak terlalu luas memang. Namun, kondisi disini cukup nyaman untuk dikunjungi oleh semua keluarga. Hewan-hewan disini juga cukup terawat. Cukup recommended untuk dikunjungi jika Anda datang ke Jambi 🙂

Di dekat pintu keluar terdapat kantor pengelola dan kandang yang difungsikan sebagai tempat karantina hewan. Satwa-satwa sebelum dilepaskan ke kandang akan dikarantina untuk proses adaptasi.

Dari Taman Rimbo kami melangkahkan kaki keluar menuju arena eks-MTQ Nasional di Jambi tahun 1997. Hanya lima menit dari pintu keluar Taman Rimbo. Disini dibangun rumah-rumah adat yang menggambarkan arsitektur tradisional tiap kabupaten / kota di provinsi Jambi. Setelah foto-foto sebentar kami pulang.

 

Kebun Binatang Taman Rimbo
Jl. Ki Bajuri No. 94 Jambi (500 meter dari Bandara Sultha Thaha Jambi)
Buka setiap hari : Pukul 08.00 – 17.00

Tiket : Dewasa : Rp 5.000,- Anak : Rp 2.000,-
Situs Web : http://tamanrimbozoo-jambi.com/

Tinggalkan Balasan

