Tidak Ada Apa-apa di Pangkalan Kerinci

 

 

Tidak ada harapan khusus atau rencana tertentu saat saya berencana mengunjungi Pangkalan Kerinci, kota kecil sekitar dua jam perjalanan dari Pekanbaru. Dan saya ngakak sengakaknya sambil guling-guling. begitu saya sampai di ibukota kabupaten Pelalawan ini 😀 Kata Irfan, teman saya yang tinggal disini. Tidak banyak tempat wisata disini.

Pangkalan Kerinci hanya sebuah kota kecil. Pusat keramaiannya hanya sepanjang dua kilometer yaitu di jalan raya lintas Sumatera. Kota ini terletak di antara dua kota besar yaitu Pekanbaru dan Jambi. Perekonomian penduduk terutama didukung adanya perkebunan kelapa sawit. Di kota ini terdapat pabrik kertas dan pulp RAPP yang konon terbesar di Asia.

Malam hari saya tiba di Pangkalan Kerinci dari Pekanbaru. Makan malamnya ditraktir Irfan di sebuah kedai bakso di tepi jalan raya Kerinci-Jambi. Di kosan Irfan ada tiga kamar jadi saya dapat kamar sendiri.

Paginya Irfan sudah ada janji dengan Epy untuk nonton film di Pekanbaru. Akhirnya saya ditemani Badrun keliling kota. Saya diajak keliling kompleks kantor Bupati Pelalawan. Pelalawan merupakan kabupaten baru hasil pemekaran kabupaten Kampar tahun 1999. Jadi tidak heran jika gedung-gedung pemerintahan terlihat masih baru dan sangat megah.

 

 

Habis keliling putar-putar saya berhenti di sebuah monumen yang ternyata monumen MTQ tingkat  provinsi Riau di Pelalawan. Tulisan di monumen tidak bisa saya baca karena telah lepas dari badan monumen. Di dekat situ ada sisa longsoran tanah. Sekilas mirip Grand Cannyon hahaha. Nggak mirip banget 😀

  

Siangnya saya  pulang ke Pekanbaru. Semoga ke depannya telah dibangun objek wisata baru di Pangkalan Kerinci. Saya dengar, disana telah dibangun waterboom.


2 respons untuk ‘Tidak Ada Apa-apa di Pangkalan Kerinci

  1. perasaan foto di pelalawan banyak deh di folder kamu..klo ga salah ada macam anjungan seperti indragiri dll..kok ga diupload di blog

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s