Perpustakaan Termegah di Asia Tenggara

Hari pertama di Pekanbaru perhatian saya langsung tersedot oleh bangunan amat megah di seberang Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau, tempat saya mengikuti diklat di Pekanbaru. Bangunan dengan pilar-pilar raksasa ini dilihat dari depan seperti sebuah buku yang terbuka. Rupanya ini adalah gedung perpustakaan.

Gedung ini bernama Balai Pustaka Soeman Hasibuan atau sering disebut perpustakaan Soeman HS saja. Berlokasi di jalan Jenderal Sudirman di pusat kota Pekanbaru. Bersebelahan dengan kantor Gubernur Riau dan gedung Bank Indonesia. Soeman Hasibuan yang berdarah Batak merupakan penulis angkatan Balai Pustaka kelahiran Bengkalis, Riau. Gedung ini diresmikan oleh gubernur Riau pada hari Sumpah Pemuda tahun 2008. Bangunan ini mempunyai enam lantai dan menelan biaya lebih dari seratus miliar rupiah.

 

Saya pada suatu sore mengunjungi perpustakaan ini bersama Alfin, kawan saya dari Dumai. Tidak dikutip biaya untuk masuk ke dalam. Kemegahan gedung ini sudah terasa sebelum memasuki ruangan. Seluruh eksterior dihiasi dengan relief yang menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Riau yang didominasi etnis Melayu. Ada juga pantun-pantun berisi nasihat bija khas masyarakat Melayu.

  

 

Sebelum masuk ke dalam, terdapat berbagai alat peragaan Iptek yang bisa dicoba oleh anak-anak. Alfin mencoba salah satu alat peraga.

 

Tidak hanya membaca buku, kita dapat berinternet ria disini dengan fasilitas WiFi. Sayang ponsel saya tidak dilengkapi dengan WiFi sehingga saya tidak bisa mencobanya hehe. Selain koleksi buku, berbeda dengan perpustakaan konvensional lainnya, disini terdapat auditorium, ruang rapat, mushola dan kafe. Material bangunan yang didominasi kaca membuat tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh warga bahkan yang datang hanya sekedar nongkrong. Tempat duduk yang nyaman ditunjang dengan pendingin ruangan membuat siapa saja betah berlama-lama. Dari lantai atas tampak pemandangan kota Pekanbaru dan kantor Gubernur Riau yang terletak persis di sebelah perpustakaan. Bangunan ini telah menjadi ikon baru kota Pekanbaru.

Foto pertama dipinjam dari sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s