Mendadak Bali (3) : Pantai Dreamland

Hari ketiga tinggal di pulau dewata …

Setelah kemarin kami mendapatkan pelatihan menulis di media online seperti blog serta teknis dasar fotografi, kami berkesempatan mempraktikkan materi yang telah didapat dengan turun langsung ke lapangan. Horee 😀 Awalnya panitia menjadwalkan kami mengunjungi pantai Blue Point dan Garuda Wisnu Kencana. Namun, rencana ke Blue Point dibatalkan dan diganti ke pantai Dreamland.

Kami berangkat dari hotel selepas sholat Dhuhur. Total ada lima bus yang mengangkut semua peserta pelatihan. Dari hotel di wilayah Sanur, kami bergerak ke arah selatan menuju Kuta. Jalanan cukup ramai. Tidak berapa lama sampai juga di pantai Dreamland atau memiliki nama lain New Kuta Beach. Pantai ini terletak di dalam kompleks resort mewah Pecatu Indah Resort. Tidak ada kutipan tiket masuk, cukup membayar tiket parkir saja.

Pecatu Indah Resort merupakan sebuah kompleks resort yang terdiri dari hotel, vila, apartemen, kondominium, pantai Dreamland, pantai Balangan, kawasan bisnis dan arena bermain golf. Secara administrasi masuk ke wilayah desa adat Pecatu, Kuta Selatan, kabupaten Badung.

Konon pantai ini dinamai Dreamland karena dulu tempat ini belum seramai sekarang. Para penduduk sekitar berprofesi sebagai petani dan nelayan. Pada tahun 1990-an, keindahan pantai di desa Pecatu ini menarik perhatian investor untuk membangun proyek resort disini. Para warga akhirnya berubah haluan dari nelayan menjadi penjual jasa pariwisata di tempat ini. Meski proyek resort tersebut sempat tersendat-sendat karena dihantam badai krisis tahun 1998, para penduduk tetap menggantungkan harapan dari pantai ini.

 

Setelah memarkirkan bus, kami bergegas turun. Sinar matahari yang sangat terik menyambut kedatangan kami. Kulit berasa terbakar. Duh, saya lupa memakai sunblock. Saya berjalan menuruni tangga, lalu melewati tepian sungai kecil sebelum sampai di pantai yang berpasir putih.

Para turis yang sebagian besar nampak dari Asia Timur (Jepang, Korea dan China) terlihat berjemur di tepi pantai. Sebagian yang lain bermain selancar. Ombak disini terkenal kuat dan tinggi. Pantai Dreamland menjadi tempat alternatif untuk berselancar disamping pantai Kuta yang sudah penuh sesak oleh wisatawan. Karena ombaknya juga, di banyak lokasi di tepi pantai dipasang bendera larangan berenang. Beberapa penyelamat pantai memantau kondisi pantai dari sebuah panggung berlantai dua.

 

Berjalan sebentar ke arah kanan, terlihat tebing tinggi yang berukuran sekitar dua puluh meter.  Pasir putih, tebing, dan batu karang menjadi keistimewaan pantai ini dibandingkan pantai-pantai lain di Bali. Dari atas batu karang, kita bisa menyaksikan matahari terbenam di sore hari. Di siang hari yang panas saat itu, beberapa pengunjung domestik lebih memilih berlindung dari sinar matahari di sebuah cerukan yang terdapat di dinding tebing. Tebing ini memisahkan pantai Dreamland dengan pantai Balangan yang sebenarnya masih bersebelahan.

Puas berkeliling, saya kembali ke bus. Tujuan selanjutnya adalah Garuda Wisnu Kencana. Ayo jalan-jalan lagi.

Pantai Dreamland (New Kuta Beach)
Kompleks Pecatu Indah Resort
Jl. Raya Uluwatu
Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali

HTM : Gratis
Buka setiap hari

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s