Penasaran Toge Goreng

Toge Goreng Betawi di Depan Swalayan Harmoni

Saya pertama kali mendengar nama toge goreng saat membaca brosur wisata kota Bogor. Di brosur itu ditulis bahwa kota Bogor mempunyai makanan khas bernama toge goreng. Namanya yang asing membuat saya penasaran. Salah satu penjual toge goreng yang cukup terkenal adalah Pak Inin yang membuka usaha di sebuah gang sempit di samping KPPN Bogor (dulu KPKN). Saya yang sedang dalam perjalanan pulang dari Kebun Raya Bogor menuju Stasiun Bogor berhenti singgah di kedai pak Inin. Kecewa saya karena toge gorengnya sudah habis. Konon, saking enaknya toge goreng Pak Inin pernah dipesan sebagai hidangan saat resepsi pernikahan putra SBY Agus Yudhoyono dengan Annisa Pohan.

Rasa keingintahuan saya mendorong untuk membuka-buka halaman internet. Toge goreng rupanya adalah makanan khas Bogor berupa taoge, mie kuning, oncom direbus disajikan bersama campuran kuah taoco dan oncom. Rasanya asam, manis, asin dan sedikit pedas. Toge goreng juga dikenal di Jakarta dengan sebutan toge goreng Betawi. Penampilannya sekilas tidak terlalu jauh berbeda dengan toge goreng Bogor, hanya saja memakai campuran lontong dan tahu goreng tetapi oncomnya lebih sedikit. Sedangkan kuah taoconya lebih kental.

Meski namanya toge goreng, proses memasak taoge sebenarnya direbus. Caranya taoge diletakkan dalam penggorengan, dibubuhi sedikit air kemudian diaduk sebentar menggunakan sodet seperti orang menggoreng. Inilah asal muasal sebutan nama toge goreng.

Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang direbus, dihaluskan dan dicampur tepung terigu kemudian difermentasikan. Sedangkan oncom adalah makanan fermentasi dari kedelai yang telah diambil proteinnya. Sebenarnya tidak sesederhana itu penjelasannya. Namun, jika kurang jelas silakan googling sendiri 🙂

Akhirnya saya berhasil mencicipi rasa toge goreng yang dijajakan pedagang keliling di depan minimarket Harmoni, dekat kampus STAN. Melihat tampilannya yang memakai tahu dan lontong sepertinya ini toge goreng Betawi. Rasanya lumayan dengan harganya yang lima ribu rupiah saja. Cukup mengenyangkan juga.

Taoge sudah sejak lama bermanfaat meningkatkan kesuburan dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang baru menikah. Selain itu taoge juga mengandung kanavanin yang berkhasiat menurunkan risiko leukimia, gangguan usus besar dan pankreas. Kandungan estrogen dalam taoge meningkatkan kepadatan dan susunan tulang. Rajin makan taoge membantu wanita mencegah kanker payudara, sindrom pramenstruasi dan gangguan menopause.

Ayo, tunggu apa lagi. Daripada makan makanan cepat saji lebih baik makan toge goreng kan. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s