Curug Baladewa, Tempat Bertapa Para Dewa

Kabupaten Semarang di Jawa Tengah memiliki banyak sekali obyek wisata. Yang sudah dikenal diantaranya Candi Gedong Songo, Museum Kereta Api dan Rawa Pening. Di Banyubiru terdapat sebuah objek wisata bernama curug (air terjun) Baladewa.

Curug Baladewa diresmikan sebagai objek wisata oleh pemkab tahun 2008. Letaknya yang cukup terpencil membuat tempat ini masih belum dikenal pengunjung. Curug Baladewa terletak di dusun Krajan Kidul desa Wirogomo. Sekitar setengah jam dari pusat kota Banyubiru. Belum ada papan petunjuk untuk mencapai desa Wirogomo jadi saya harus beberapa kali bertanya kepada warga. Untuk mencapai lokasi cukup susah karena jalan agak curam dan rusak. Jika pergi dengan sepeda motor keadaan mesin harus prima agar kuat menyusuri tanjakan. Beberapa saat sebelum masuk desa Wirogomo saya menyaksikan Rawa Pening dari ketinggian,

IMG_20111228_153142
Rawa Pening di kejauhan

DSC00517
Kami akhirnya sampai juga di pintu masuk curug Baladewa. Suasana sekitar sangat sepi dan tidak ada petugas di pintu masuk sehingga kami bebas melenggang masuk tanpa bayar tiket hehehe 😀

DSC00512 DSC00507
Dari pintu masuk menuju air terjun saya berjalan kaki menempuh jalan setapak yang menuruni bukit, melintasi pematang sawah dan melewati saluran irigasi. Pemandangan cukup indah. Di depan terdapat bukit Baladewa dan gunung Kelir. Kurang lebih satu kilometer berjalan kami sampai di dekat air terjun.

DSC00450
Agus di air terjun kecil

Sebelum mencapai air terjun yang sesungguhnya kami melewati beberapa air terjun kecil. Udara semakin sejuk. Jalan semakin menanjak sehingga kami harus berjalan perlahan.

DSC00461  DSC00476
Akhirnya kami sampai di air terjun pertama. Tingginya sekitar 50 meter dan membentuk kolam setinggi betis. Air sangat dan dingin tetapi menyegarkan.

DSC00494
Tidak jauh dari air terjun pertama terdapat sebuah air terjun lagi dengan debit air yang lebih kecil. Tidak heran jika air terjun disini disebut curug kembar Baladewa. Penduduk percaya siapa yang mandi disini badannya akan kuat dan sehat. Baladewa sediri dalam cerita pewayangan adalah karakter yang mempunyai badan kuat dan gagah perkasa.

Alamat : Dsn. Krajan Kidul, Wirogomo, Banyubiru, Kab. Semarang
HTM : Rp 3.000,-

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s