Air Terjun di Regunung, Tengaran

Tersembunyi di kerimbunan pepohonan dan terletak di tebing, air terjun ini seolah tidak tersentuh tangan jahil manusia. Lokasinya yang agak jauh dari pemukiman membuat objek wisata yang satu ini kurang dikenal. Saya baru tau jika di wilayah Tengaran tepatnya di desa Regunung terdapat sebuah air terjun yang cukup indah.

Air terjun Grojogan terletak di perbatasan desa Regunung dengan desa Sruwen tepatnya di dusun Krajan desa Regunung kecamatan Tengaran kabupaten Semarang. Berada di sebuah tebing tepat di tepi sungai Serang. Untuk mencapai air terjun bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari tepi jalan desa Krajan, Regunung. Jika Anda belum pernah kesini cukup bertanya penduduk desa Krajan maka mereka akan dengan ramah menunjukkan jalan ke arah air terjun.

DSC00017 IMG_20120106_143200

Dari tepi jalan kami berjalan menyusuri jalan setapak yang masih terbuat dari tanah. Jalanan menurun dan agak licin apalagi jika habis hujan. Pemandangan di depan sangat menyegarkan. Setelah menyusuri jalan setapak pemandangan berganti dengan lembah yang dihiasi sawah. Tidak ada jalan menuju air terjun kecuali lewat pematang sawah.

DSC00018
Dari kejauhan air terjun Grojogan sudah nampak di depan mata. Untuk menuju air terjun kami harus melewati sungai Serang. Karena belum ada jembatan, dengan terpaksa saya harus turun ke sungai. Tinggi air sungai mencapai lutut. Air sungai cukup deras sehingga harus berjalan pelan-pelan.

CameraZOOM-20120106150806 DSC00020 IMG_20120106_152438

Setelah menyeberangi sungai sampai juga kami di air terjun. Tingginya hanya sekitar 15 meter. Masih banyak pohon yang agak menutupi air terjun sehingga tempat ini terkesan belum ditata. Air terjun ini sudah layak untuk dipromosikan sebagai objek wisata bagi warga Tengaran dan sekitarnya. Namun, sarana penunjang seperti jalan dan jembatan harus dibangun juga demi kenyamanan pengunjung.

Lokasi : Dsn. Krajan, Regunung, Tengaran, Kab. Semarang
HTM : Gratis

Update :
Air terjun ini sekarang lebih ramai. Namanya Curug Belanda / Jurang Grawah. Fasilitas pendukung seperti parkir, toilet, warung makan telah tersedia. Tiket masuknya Rp 3.000,-/orang.

Iklan

12 comments

  1. weh pas mudik rupanya..
    agak jauh dari jalan raya salatiga-boyolali ya..
    kliatannya cukup tersembunyi.. 15 meter bagi saya lumayan lah ketimbang air terjun musiman di bantul jogja yg rata2 dibawah 10 meter

  2. wah airnya dingin bnget.. kmaren padusan hari minggu saya kesitu, fasilitas dan sarananya sudah ada beda sma pto di atas,,
    thank curug grojogan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s