Meriahnya Pawai Ogoh-ogoh di Monas

Sebuah iklan yang dipajang  di jejaring sosial Facebook mengundang perhatian saya. Isinya tentang acara pawai Ogoh-ogoh yang akan diadakan di lapangan Monas. Acara tersebut merupakan satu rangkaian peringatan hari raya Nyepi di Jakarta. Saya lalu membayangkan kemeriahan acara tersebut setelah saya mengingat cuplikan acara pawai ogoh-ogoh di tv.

Hari Jumat siang selepas kuliah saya meluncur ke Monas dari kos. Saya naik angkot, kereta api sambung busway. Sesampainya di Monas keramaian sudah nampak. Para umat Hindu sudah berkumpul dengan pakaian serba putih. Sebuah tenda didirikan untuk menampung tamu undangan. Umbul-umbul penjor menyeruak tinggi. Dibangun juga sebuah bangunan menyerupai bentuk pura seperti di Bali. Diberitakan gubernur DKI akan menghadiri acara ini.

DSCN9715  DSCN9718

Perlengkapan upacara berupa berbagai macam sesaji mengundang perhatian saya. Berbagai isi sesaji seperti makanan ringan, bunga, buah, uang ditata dengan sangat menarik. Kesemuanya itu nantinya akan dipakai sebagai perlengkapan upacara pawai ogoh-ogoh dan tawur agung kesanga.

DSCN9711

Menjelang senja acara dimulai. Beberapa gadis berusia belasan tahun membawakan tari Pendet khas Bali. Selanjutnya adalah sambutan-sambutan dari panitia dan gubernur DKI. Acara inti adalah doa bersama yang dipimpin oleh pedanda (pemuka agama Hindu) dan diikuti oleh seluruh umat Hindu. Mereka duduk dan berdoa dengan khidmat.

DSCN9763   DSCN9759

Menjelang gelap baru dilakukan pawai ogoh-ogoh mengelilingi Monas. Ogoh-ogoh merupakan boneka raksasa yang melambangkan Bhuta Kala (raksasa). Ogoh-ogoh dibuat menjelang hari raya Nyepi untuk diarak beramai-ramai pada senja hari sehari sebelum Nyepi. Pada awalnya ogoh-ogoh dibuat menyerupai wujud raksasa. Namun, seiring perkembangan jaman wujud ogoh-ogoh dikreasikan menurut keinginan pembuat. Tidak heran jika saya menemukan karakter ogoh-ogoh yang menyerupai Gollum (Lord of The Rings) dan Shrek 🙂

DSCN9728     DSCN9727

DSCN9714 DSCN9732

Artis Deny Cagur naik ogoh-ogoh

DSCN9733    DSCN9734

DSCN9740 DSCN9741

DSCN9736     DSCN9743

Gollum

DSCN9747     DSCN9762

Shrek                                Monas dan penjor

Setelah pawai ogoh-ogoh ini keesokan harinya umat Hindu akan merayakan Nyepi dengan melakukan meditasi yang disebut catur brata penyepian. Diantaranya tidak menghidupkan api, tidak bepergian, tidak bekerja dan tidak bersenang-senang.

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s