Masjid Nurul Iman Lama (Monumen Gempa Kerinci)

Jika kita melintasi kota Sungai Penuh ke arah Sanggaran Agung (danau Kerinci) pasti kita akan melintasi sebuah masjid yang tampak tidak terurus. Kondisi masjid dari luar retak-retak pada bagian dindingnya dan rumput tebal menutupi halaman masjid. Inilah masjid Nurul Iman lama.

  Sumber foto : Flickr

Masjid ini terletak di jalan raya  Koto Iman, desa Koto Iman kecamatan Danau Kerinci, kabupaten Kerinci. Masjid ini merupakan saksi sejarah terjadinya musibah gempa bumi yang mengguncang kabupaten Kerinci pada tanggal 7 Oktober 1995. Gempa tektonik berkekuatan 7 skala Richter itu berpusat di desa Benik kecamatan Keliling Danau. Jumlah korban seluruhnya 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

   

Keretakan di dinding masjid Nurul Iman


Setelah proses tanggap darurat gempa selesai, masjid ini tidak pernah dipakai untuk kegiatan ibadah masyarakat sekitar. Meski tidak sampai hancur masjid ini agak miring ke kiri setelah diguncang gempa. Pemerintah mengubah fungsi masjid ini sebagai monumen dan museum gempa. Tiang-tiang dipasang untuk menopang atap masjid agar tidak roboh. Di dalam masjid dipajang foto-foto saat terjadi peristiwa gempa tahun 1995 dan foto kegiatan rehabilitasi bangunan pasca gempa. Karena pintu masjid terkunci kami hanya bisa melihat isi dalam masjid dari luar.

Tempat menyimpan keranda

Sekarang ini masjid ini hanya digunakan masyarakat untuk menyolatkan jenazah warga Koto Iman yang meninggal dunia. Sebuah masjid baru dengan nama sama telah dibangun tidak begitu jauh dari masjid yang lama. Disinilah masyarakat Koto Iman melakukan kegiatan peribadatan.

  

Prasasti gempa

Masjid ini menyimpan sejarah untuk generasi muda Kerinci tentang musibah gempa yang pernah menerjang tahun 1995. Namun, masjid ini seakan tidak terawat dan tidak mau membuka diri untuk wisatawan. Sayang sekali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s