Mampir ke Jembatan Pasupati dan Gedung Sate

Hari kedua saya di kota Bandung saya gunakan untuk berjalan-jalan mengunjungi landmark paling populer di Bandung. Saya berangkat dari rumah kang Yadi di Padalarang ke kota Bandung naik motor. Tujuan pertama saya adalah jembatan Pasupati. Jembatan ini dinamakan Pasupati diambil dari akronim Pasteur dan Surapati karena menghubungkan jalan Pasteur dan jalan Surapati. Jembatan dengan konstruksi kabel baja ini mempunyai dimensi panjang 2,8 km dan lebar 30 meter pada tengah-tengah jembatan dan 60 meter di kedua ujung jembatan. Jembatan ini diresmikan pada  26 Juni 2005 dan langsung menjadi ikon baru kota berjuluk kota Kembang ini. Dari atas jembatan ini saya bisa melihat pemukiman penduduk di lembah Cikapundung yang terletak di bawah jembatan.

Desain grafis jembatan Pasupati

Nemu layangan di atas jembatan :p

Puas melihat jembatan Pasupati kami melanjutkan perjalanan ke ikon kota yang telah lama menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika pergi ke Bandung. Ya, gedung sate adalah tujuan kami selanjutnya.

Bangunan dengan ornamen mirip enam tusuk sate di puncaknya ini berfungsi sebagai kantor pemerintah provinsi Jawa Barat. Gedung ini mulai dibangun tahun 1920 lalu diresmikan  empat tahun kemudian. Awalnya gedung sate digunakan sebagai kantor Departemen Lalulintas dan Pekerjaan Umum pemerintah Hindia Belanda.

Gedung ini menggabungkan arsitektur Indonesia, Spanyol dan  Italia dan merupakan gedung terindah di Hindia Belanda pada masa itu. Biaya pembangunan gedung ini sebesar 6 juta gulden. Angka ini diimplementasikan dalam jumlah tusuk sate pada puncak atapnya.

Berpose di depan gedung sate sama kang Yadi

Sewaktu kami pergi kesana sedang diadakan acara oleh pemprov Jawa Barat sehingga kami tidak dapat masuk ke Gedung Sate. Oke, lain kali saya kesini lagi.

Grafis jembatan Pasupati diambil dari sini.

Iklan

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s