Painan (3) : Menghapus Risau di Langkisau

Kurang lengkap rasanya pergi ke Painan tanpa mengunjungi Bukit Langkisau dan Jembatan Akar. Bukit Langkisau merupakan titik tertinggi di kota Painan setinggi dua ratus lima puluh meter di atas permukaan air laut. Dari atas bukit ini kita dapat melihat panorama kota Painan dan Salido dari ketinggian. Kita juga dapat melihat indahnya matahari terbenam dari atas puncak bukit. Selain itu puncak Langkisau juga sering digunakan sebagai tempat take off komunitas pecinta olahraga paragliding.

Orang bilang jangan ke Painan jika belum ke Langkisau. Banyak orang yang terpesona dengan keindahan puncak Langkisau dan akhirnya memutuskan kembali lagi ke bukit ini. Presiden SBY beserta ibu negara konon pernah kesini dan terkesan dengan panorama Langkisau. Nama Langkisau akhirnya dijadikan nama agenda festival budaya tahunan di Painan.

Untuk mencapai puncak Langkisau dapat dicapai dari kawasan pantai Carocok. Dari Carocok terdapat papan nama petunjuk arah ke Langkisau. Perjalanan menuju puncak cukup terjal dan berliku-liku. Dari Carocok ke puncak Langkisau dapat ditempuh selama kurang lebih sepuluh menit naik kendaraan. Tidak disarankan berjalan kaki karena jalan cukup terjal dan melelahkan. Jika ingin bermalam di Langkisau terdapat sebuah villa yang disewakan. Saya kurang mengetahui berapa tarif menginap disitu semalam.

Panorama kota Painan dan Salido
Ramai menjelang matahari terbenam

Panorama kota Painan di waktu malam
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s