Danau Toba 1

Siapa yang tak kenal Danau Toba. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat semenanjung yang menyerupai pulau yang dinamakan Pulau Samosir. Danau Toba terbentuk jutaan tahun yang lalu akibat dari letusan dahsyat Gunung Toba purba. Puncak Gunung Toba Purba mungkin sekarang menjadi Gunung Pusuk Buhit di Sianjur Mula-mula.

Danau Toba dikelilingi tujuh kabupaten. Diantaranya adalah Kabupaten Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo dan Simalungun.

http://www.samosirkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=153&Itemid=66&lang=id

Ada dua cara untuk mencapai Danau Toba. Pertama lewat udara dan lewat darat. Kita bisa naik pesawat kecil dari Bandara Polonia Medan menuju Bandara Silangit di Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara. Cara kedua yang populer adalah lewat darat. Kita dapat naik kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Dari Medan, kita bisa menuju Danau Toba lewat Brastagi maupun Pematang Siantar. Jalur Pematang Siantar merupakan jalur paling lazim karena waktu tempuhnya lebih singkat daripada lewat Brastagi yaitu enam jam perjalanan.

Untuk menyeberang ke Danau Toba kita bisa naik kapal dari Parapat atau Ajibata. Butuh waktu tiga puluh menit untuk menyeberang ke Pulau Samosir dengan menggunakan kapal feri. Kapal sengaja dibuat tanpa dinding sehingga penumpang dapat melihat langsung panorama indah Danau Toba serta merasakan angin sepoi-sepoi yang berhembus.

Ada banyak tempat wisata di Pulau Samosir. Beberapa atraksi wisata yang populer adalah menari tor-tor di Museum Huta Bolon Simanindo, berziarah ke makam Raja Sidabutar di Tomok, bermalam di Pulau Tao dan Tuktuk, melihat proses pembuatan kain ulos Batak di Lumban Suhi-suhi, melihat rumah tradisional Batak di Ambarita dan melihat Danau Sidihoni.

Belum puas menyaksikan pesona Danau Toba? Anda bisa pergi ke Air Terjun Sipiso-piso di Tongging, Kabupaten Karo, ke Pantai Silalahi di Dairi, atau menyaksikan keseluruhan Pulau Samosir dari ketinggian di Menara Pandang Tele. Jika tertarik mengenal lebih dalam budaya Batak, Anda harus pergi ke kota Balige di pesisir sebelah selatan Danau Toba. Di sana terdapat TB Silalahi Center, sebuah pusat pelestarian dan pengembangan budaya Batak.

Danau Toba dari Tele – Samosir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s