Jatim Park 1 : Belajar dan Bermain

Jatim Park khususnya Jatim Park 1 adalah alasan saya mengunjungi kota Batu, Jawa Timur. Jika di Jakarta ada Dufan, Jawa Timur punya Jatim Park. Nilai plusnya adalah disamping bisa bermain-main dan menantang adrenalin, disini kita bisa belajar budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan alam. Letak Jatim Park 1 tidak jauh dari BNS. Buka setiap hari pukul 09.00 – 17.00 dengan harga tiket Rp 35.000,- dari Senin sampai dengan Kamis dan Rp 40.000,- hari Jumat sampai dengan Minggu. Karena harganya yang cukup terjangkau banyak wisatawan dari dalam dan luar provinsi Jawa Timur yang mengunjungi Jatim Park 1.

     

Begitu masuk Jatim Park 1 kita akan disambut dengan sebuah gong raksasa yang bisa dipukul dengan bebas. Selanjutnya kita memasuki wahana budaya Indonesia dimana disitu dipamerkan pakaian adat dan trivia tentang budaya Indonesia. Ada juga miniatur rumah adat Papua honai.

               

Selanjutnya saya menuju galeri budaya Jawa Timur. Disitu dipamerkan pakaian adat, kesenian dan budaya beberapa kabupaten / kota di Jawa Timur. Ditampilkan juga sebuah papan catur raksasa yang menampilkan karakter topeng wayang ala Malang.

Pengantin Kota Malang
Diorama reog ponorogo
Penari Osing - Banyuwangi
Pakaian adat Madura
Pemuka adat suku Tengger

Ruangan selanjutnya kita diajak belajar kimia, biologi, fisika dan tubuh manusia dengan bantuan alat peraga yang sangat menyenangkan. Bagian ini paling ramai dikunjungi oleh anak sekolah dan mahasiswa yang sedang melakukan karyawisata atau bahkan penelitian. Kemudian ada ruang mini diorama bagi yang ingin belajar sejarah bangsa Indonesia.

     

Selanjutnya kita akan keluar ruangan dan melewati sebuah taman yang menampilkan berbagai bangunan-bangunan bersejarah di Jawa Timur. Ada tiruan candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit, Kediri dan Singasari dan ada juga tiruan gapura masjid agung Sumenep.

     

Puas belajar sejarah kita akan melewati kebun binatang mini, taman burung, kolam renang dan waterboom serta banyak sekali wahana permainan yang menguji adrenalin. Ada jet coaster, drop zone, rumah hantu, rumah misteri dan masih banyak lagi. Waktu satu haripun tidak cukup rasanya untuk menjelajahi Jawa Timur Park. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s