Uniknya Aceh : Agnes Monica Berjilbab

Saya pernah mengunjungi Aceh tepatnya ke kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang (Pulau Weh) pada tahun 2010. Ketika saya berada di Aceh, saya mengamati banyak hal-hal unik disana. Mau tau, ini dia (taraa… 🙂

1. Polisi Syariah

Karena provinsi Aceh adalah satu-satunya wilayah di Indonesia yang menerapkan syariat Islam, di Aceh dibentuk Wilayatul Hisbah (WH) semacam polisi khusus yang bertugas mengawasi pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Sekilas tugasnya mirip Satpol PP di daerah lain. Misalnya menertibkan kaum perempuan muslim yang tidak mengenakan jilbab secara syariat, menertibkan restoran yang tetap buka saat jam waktu sholat dll.

WH di Masjid Teuku Umar

2. Iklan “Berjilbab”

Syariat Islam sebenarnya diberlakukan hanya kepada warga Aceh yang beragama Islam saja. Namun, demi menghormati akidah masyarakat Aceh, banyak media iklan dan reklame di Aceh sengaja dibuat “Islami”. Gambar di bawah ini misalnya.

Agnes Monica berjilbab

3. Labi-labi, angkot ala Aceh

Masyarakat Aceh menyebut angkot dengan istilah labi-labi. Wujudnya adalah sebuah mobil pick up yang dimodifikasi dengan ditambah atap dan penutup kaca. Penumpang duduk saling berhadapan di kabin belakang dan jika ingin turun cukup membunyikan bel.

4. Becak Aceh

Becak di Aceh menggunakan sepeda motor sebagai tenaga penggeraknya; bukan memakai tenaga manusia (dikayuh).  Posisi tukang becak berada di samping penumpang. Model becak seperti ini juga dapat kita temui di berbagai kota di Sumatera Utara.

5. Pante Pirak, satu-satunya franchise supermarket skala besar di Aceh (2010)

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s