Kelenteng Unik di Tanjung Pinang

Sebagai sebuah ibukota provinsi, Tanjungpinang terdiri atas berbagai macam etnis. Etnis Melayu adalah etnis mayoritas disini. Namun, warga Tanjungpinang sangat terbuka terhadap semua pendatang. Hampir semua suku di Indonesia ada disini. Selain itu terdapat komunitas warga Tionghoa yang cukup besar di Tanjungpinang. Mereka telah ratusan tahun tinggal di kota ini sehingga banyak tempat ibadah umat Tridharma. Beberapa yang cukup unik diantaranya adalah :

1. Kelenteng Tien Shang Miao

Masih ingat dengan adegan film Tomb Rider yang dibintangi Angelina Jolie di sebuah kuil di Kamboja yang bagian kuilnya dilit akar pohon? Indonesia khususnya Tanjungpinang juga punya tempat seperti itu. Sebuah kelenteng di kampung Senggarang bagian atapnya dililit oleh akar pohon bayan (beringin). Kelenteng ini awalnya dibangun sebagai rumah tinggal oleh  seorang Kapitan China sekitar 200 tahun yang lalu. Setelah meninggal rumah tersebut dijadikan tempat ibadah oleh warga sekitar.

  

2. Kompleks Vihara Dharma Sasana (Kelenteng Senggarang)

Keunikan tempat ibadah ini adalah terdapat banyak sekali patung-patung yang menceritakan dewa-dewi dalam masyarakat Tinghoa. Vihara ini terletak di Senggarang, 15 menit naik perahu pompong dari pelabuhan Tanjungpinang. Dibangun pada sekitar abade ke-17. Banyak turis dari Malaysia dan Singapura yang beziarah kesini. Karena bukan pemeluk agama Tridharma, saya kesini hanya ingin berwisata menikmati pemandangan dan melihat patung-patung indah.

    

Dewi Kwan In dan Nacha
Boboho ?

   

3. Vihara Avalokiteswara Graha

Berada di pinggiran kota, vihara Avalokiteswara terletak di ketinggian sebuah bukit. Vihara ini terletak di tepi jalan raya dari Tanjungpinang ke arah pantai Trikora. Di vihara ini terdapat patung Buddha dan patung Dewi Kwan Im yang sangat besar.

   

4. Vihara Bahtra Sasana

Tempat ibadah ini terletak tidak jauh dari Museum Sultan Mahmud Badrul Alamsyah. Vihara ini dibangun sekitar tahun 1857. Di luar vihara terdapat kolam kecil yang menggambarkan sejarah Buddha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s