Jalan-jalan Banyak Gaya di Bintan Resort

Terletak di Lagoi, pulau Bintan utara, Bintan Resort menjadi sebuah kawasan wisata eksklusif. Disebut eksklusif karena tempat  tersebut dikelola secara serius oleh pemkab Bintan bekerjasama dengan otoritas Singapura yang menanamkan sahamnya di Bintan. Tidak heran suasana di Bintan Resort sangat bersih dan teratur, Singapura banget. Pengamanan di kawasan wisata tersebut sangat ketat. Wisatawan lokal bertampang kere sering tidak diperbolehkan masuk. Pasar yang diincar di Bintan Resort adalah warga Singapura maupun turis asing yang masuk dari Singapura, meski banyak juga warga Indonesia disitu. Ironisnya banyak wisatawan dari Indonesia yang masuk ke Bintan Resort justru kebanyakan masuk dengan menyeberang dari Singapura terlebih dulu baru ke Bintan Resort lewat pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT), pelabuhan paling dekat dari Bintan Resort. Ini karena Singapura lebih getol mempromosikan Bintan resort daripada Indonesia sendiri, sedih 😦 Mata uang yang berlaku di kawasan Bintan Resort lebih dominan Dolar Singapura (SGD) dan Dolar Amerika (USD) dibandingkan rupiah. Sehingga tarif hotel dan resort disana juga muahal untuk kantong orang Indonesia. Waktu saya membeli kaos yang dijajakan di sebuah kios di pasar oleh-oleh Bintan Resort, price tag yang dipajang adalah dalam Dolar Singapura. Terpaksa mbak-mbak orang Indonesia yang menjaga kios tersebut mengkonversi harga ke dalam rupiah terlebih dulu.

Wisata andalan di Bintan Resort adalah pantai-pantainya yang putih bersih seperti tepung. Selain itu garis pantainya sangat panjang sehingga pengunjung bebas memilih mau ke resort yang mana. Setiap resort mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Resort yang pernah saya masuki adalah Nirwana Garden karena untuk masuk ke pantainya tidak bayar alias gratis. Haha 😀 Selain itu suasana di Bintan Resort jauh lebih sunyi daripada pantai-pantai di Bali. Tidak heran banyak warga Singapura yang bela-belain liburan kesini. Jika Bintan Resort terkenal mahal, warga lokal di Bintan lebih memilih pergi ke pantai Trikora yang lebih terjangkau kantong. Pantai Trikora terletak tidak jauh dari Bintan Resort. Memang pasir di pantai Trikora juga putih dan lembut, tetapi tidak sebagus pantai di Bintan Resort. Selain itu pengelolaan, fasilitas dan kebersihan pantai Trikora masih kalah jauh dibandingkan tetangganya Bintan Resort.

Hari itu saya sedang di Tanjungpinang. Saya dan kawan saya jaman kuliah Adam dan Danang yang akan  menemani saya jalan-jalan ke Bintan Resort. Meski duit cekak tetapi boleh dong jalan-jalan banyak gaya ala traveler mid-to-end hehehe. Kami naik mobil dinas kantor (#ups) untuk mencapai Bintan Resort. Dengan naik mobil plat merah kami akan lebih mudah mendapatkan akses masuk ke Bintan Resort. Hahaha 😀 Selain itu kami juga akan ke pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) untuk menemui kawan yang bekerja di Unit  Pelaksana Fiskal Luar Negeri pelabuhan BBT. Saat itu untuk pergi keluar negeri masyarakat Indonesia masih harus membayar fiskal bagi yang tidak mempunyai Kartu NPWP.

Ada beberapa tempat yang saya kunjungi di Bintan Resort. Diantaranya menikmati lembut dan putihnya pasir pantai Nirwana Garden (gratis), melihat hutan bakau di Bintan Mangrove (lihat dari luar doang, nggak ikutan tur) dan  bermain gokart di Bintan Gokart. Thanks for Adam and Danang  😀

                 Pelabuhan Bandar Bintan Telani                                                            Bintan Gokart

   

  

  

Nirwana Garden

 

 

Bagaimana pasir pantainya, Bali aja kalah 😛

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s