Halus dan Putihnya Pasir Pantai Trikora

Jika Anda pergi ke kota Tanjungpinang, sempatkanlah berkunjung ke pantai Trikora. Pantai ini terletak di desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Dari Tanjungpinang ke pantai ini bisa ditempuh selama satu jam. Pantai Trikora adalah sebuah pantai yang garis pantainya sekitar 25 km. Maka ada sebutan Pantai Trikora 1, Pantai Trikora 2 dan Pantai Trikora 3 yang sebenarnya saling bersambung.

Tidak jelas kenapa pantai ini diberi nama Trikora. Salah satu versi menyebutkan bahwa nama Trikora berasal dari zaman pasca kemerdekaan Indonesia. Saat itu sedang terjadi konfrontasi Indonesia dengan Malaysia. Sehingga nama Trikora dikaitkan dengan pantai ini untuk mengobarkan nasionalisme rakyat Indonesia.

Pesona pantai Trikora ada pada pasirnya yang putih dan lembut, batu-batu berukuran raksasa yang menghiasi pantai, dan banyak kedai yang menyediakan makanan dan minuman khas daerah pantai. Tidak heran banyak warga Tanjungpinang dan Bintan yang menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi pantai ini. Saya sudah beberapa kali pergi ke pantai ini dan tidak pernah bosan karena air laut di pantai ini sangat jernih. Disini kita juga bisa berburu kerang-kerang cantik dan binatang laut yang mempunyai bentuk unik.

 

 

Anda juga dapat bermalam di cottage yang disediakan oleh penduduk atau jika gemar memancing dapat menyewa kelong, semacam anjungan dari kayu yang dipakai untuk memancing di tengah laut. Kelong ditarik dengan kapal motor sampai ke tengah laut di lokasi yang banyak ikannya.

Hal yang patut diingat adalah jangan berenang terlalu ke tengah karena ombaknya agak kuat. Beberapa turis pernah terhulung ombak karena nekat berenang ke tengah saat ombak kuat.

 

Iklan

6 comments

  1. […] Sore itu aku dan kawan yang tampangnya mirip salah satu pemain OVJ ini pergi ke pantai Trikora di pulau Bintan. Rencana mau lihat sunset doang. Karena aku cenderung hidrofobia (trauma pernah tenggelam di air), kami keliling pantai aja nyarik bintang laut. Air laut sedang surut sehingga banyak “Patrick” yang kami dapat. Bukan buat dibawa pulang lho. Cuma buat dokumentasi aja http://catatanavantgarde.wordpress.com/2012/04/12/halus-dan-putihnya-pasir-pantai-trikora/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s