Visit Tanjung Batu (1) : Pantai Batu Limau

Saya dulu pernah bekerja selama dua tahun di Tanjungbatu, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Tanjung Batu merupakan ibukota Kecamatan Kundur. Dulu sebelum pemekaran wilayah, wilayah Kecamatan Kundur meliputi seluruh pulau Kundur, pulau Sebele, pulau Ungar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Setelah pemekaran, pulau Kundur dipecah menjadi 3 kecamatan.

Wisata di pulau Kundur didominasi oleh wisata pantai. Salah satu pantai yang cukup menarik adalah pantai Batu Limau. Lokasinya di Desa Batu Limau, Pulau Ungar, Kec. Kundur. Akses lokasi kesana yaitu dari pelabuhan Tanjung Batu naik perahu pancung ke pelabuhan Alai selama 10 menit, dilanjutkan naik ojek ke pantai Batu Limau selama 15 menit.

Ongkos perahu tempel : Rp 3.000,- (dewasa), Rp 2.000,- (pelajar). Ongkos ojek : Rp 8.000,- (sekali jalan), Rp 20.000,- (antar jemput dari pelabuhan Alai ke pantai Batu Limau). Tukang ojek kebanyakan berada di dekat pelabuhan Alai, jadi kita harus janjian dengan minta nomor hp tukang ojek yang kita tumpangi. Itulah kenapa ongkos antar jemput lebih mahal.

Pantai Batu Limau merupakan pantai terbaik untuk melihat matahari terbit di Kundur karena letaknya yang mengadap ke arah timur. Keunikan pantai ini adalah adanya batu-batu besar dengan bentuk yang aneh. Misalnya batu berbentuk (maaf) kemaluan pria, kemaluan wanita, batu penganten, batu bilik kamar, batu limau, batu periuk, piring, sendok. Batu-batu tempat ini menurut mitos masyarakat tempatan terjadi karena perbuatan mesum seorang permaisuri kerajaan Riau-Lingga bersama panglimanya. Perbuatan mereka diketahui oleh raja. Akhirnya raja murka dan mengutuk mereka. Batu-batu besar disini mengingatkan kita pada pantai-pantai di Belitong, tempat syuting film Laskar Pelangi. Sayangnya air disini cokelat dan keruh.

Pelabuhan Alai
Lurah Alai 🙂
Batu Limau
Batu penganten
Batu kapal
Jangan porno yak :p
Batu piring
Batu layar
Batu bilik kamar

Batu (maaf) kemaluan perempuan
Batu (maaf) kemaluan laki-laki
hahaha… no offense
Iklan

14 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s