Kuala Tungkal, Bukan Kuala Lumpur :-)

Kuala Tungkal merupakan ibukota Kabupaten Tanjung Jabung Barat, letaknya di pinggir pantai, sebelah utara kota Jambi. Kota ini dapat ditempuh selama dua jam perjalanan dari kota Jambi. Kota ini merupakan pintu masuk provinsi Jambi lewat jalur laut. Beberapa operator kapal cepat melayani pelayaran dari Kuala Tungkal ke pulau-pulau di Riau dan Kepulauan Riau. Diantaranya menuju Pulau Burung, dan Guntung (Inderagiri Hilir), Tanjung Batu Kundur, Tanjung Balai Karimun dan Batam di Kepulauan Riau. Saya pernah naik kapal dari Tanjung Batu Kundur ke Kuala Tungkal ketika saya akan menghadiri pernikahan kawan kuliah saya di Kayuagung, Sumatera Selatan.

Perjalanan dari Tanjung Batu Kundur ke Kuala Tungkal ditempuh selama lima jam dengan terlebih dulu singgah di Pulau Burung dan Guntung. Dari Kuala Tungkal ke Kayuagung saya naik travel dengan transit terlebih dahulu di kota Jambi dan Palembang. Melelahkan sekaligus menyenangkan.

Kondisi geografis kota Kuala Tungkal adalah dipenuhi lahan gambut dan tanah rawa. Hal ini membuat keadaan tanah menjadi becek di kala hujan dan tanah akan menjadi pecah-pecah saat musim kemarau. Maka semua bangunan di Kuala Tungkal termasuk kantor bupati dibangun dengan sistem rumah panggung. Akan tetapi fondasi dibuat tidak terlalu tinggi. Untuk menutupi tiang penyangga biasanya baru digunakan semen. Sehingga seolah-olah bangunan menempel pada permukaan tanah.

Rumah panggung di Kuala Tungkal
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s