Sebuah catatan dari Negeri Singa : Bag. 1

Singapura, 15 Agustus 2009 : Menginjakkan kaki di Singapura

Saya bangun pagi2, terus sholat subuh. Lalu ngecek barang2 yg udah saya packing semalem. Dah komplit. Jam 7.30 saya jalan ke pelabuhan Tanjung Batu, sekitar 1 menit, karena kantor deket banget ama pelabuhan. Naik speed boat Miko Natalia, sekitar jam 9 pagi saya dah sampai di Tg. Balai Karimun. Rencana, saya mau berangkat bertiga ma 2 temen saya. Saya kontak temen saya, katanya mau berangkat jam 11 siang naik kapal dari pelabuhan Tg. Balai Karimun. Sambil menunggu jam 11, saya puter2 kota Tg. Balai Karimun naek becak wisata. Puas keliling kota, temen saya, kak Lila nelpon, katanya temen satunya, kak Ayu gak bisa ikut jam 11, ada acara. Terpaksa kami ikut kapal jam 5 sore.

Karena masih lama, aku pulang aja ke kosan di bilangan Kapling. Sampe di kosan, ternyata temen2 pd nggak ada. Ya udah, enaknya tiduran aja ampe sore. Jam 3 sore si Fuad pulang. Wah..asyik nih, bisa minta tolong buat anter ke pelabuhan TBK. Begitu sampe di pelabuhan, langsung saya tuker rupiah ke dolar Singapura. SG 1 $ = Rp 6.900. Nggak lama, kak Lila dan Ayu datang. Kami beli tiket,terus ke konter Fiskal Luar Negeri, bayar pas pelabuhan, cap imigrasi. Gak lama nunggu di pelabuhan, kami masuk kapal. Kapalnya Penguin Endeavour, lebih besar dari kapal yg biasa saya naikin kalo ke Batam. Di kapal kami sekalian makan malam pake bekal yg dimasak kak Lila dari rumah.

Sekitar jam 7 ( jam 8 malem waktu Singapura ), kami sampe di Pelabuhan Harbour Front. Masyaalloh, gemerlap lampu2 gedung menyambut kedatangan kami di Negeri Singa tersebut. Romantis banget. (Udiiik) Setelah pemeriksaan imigrasi, tanpa keluar gedung, kami menuju Stasiun MRT ( Mass Rapid Transit / kereta bawah tanah ). Sebelum sampe stasiun, kami melewati Harbour Front Mall. Rupanya, kebanyakan stasiun MRT langsung terhubung dengan mall .

Sebelum naik MRT,saya beli ez link card, sebuah kartu sakti sebagai alat pembayaran kalo kita mo naek alat transport apapun di Singapura. Baek itu MRT, bus, taksi. Cara makenya juga gampang, tinggal sentuhin tuh kartu ke mesin scanner sebelum naek. Begitu kita tap, pintu otomatis buka. Kalo mo turun juga kita harus nge-tap tuh kartu ke scanner. Praktis kan.

Kami naik MRT jurusan East-West turun di Bugis. Kawasan yg dulunya banyak dihuni saudagar2 dari Bugis, Makassar. Sama seperti Harbour Front, Stasiun Bugis juga terhubung dengan sebuah mall, namanya Bugis Junction. Begitu keluar dari Bugis Junction, langsung saya menyusur North Bridge Road, nyari2 dimana lokasi Backpacker Cozy Corner (BCC) , guest house / GH tempat saya rencana mo nginep Setelah agak lama nanya2 orang ma China disitu. Baru saya tau kalo BCC terletak di lantai 2 sebuah restoran masakan India. Langsung kami naik ke lantai 2. Masalah pertama timbul saat saya booking kamar. Si resepsionis yg orang China rupanya ngga bisa bahasa Melayu, cara ngomong Inggris diapun susah dipahami, udah cepat, nggak jelas pula. Ya udah, pake bahasa tarzan hehehe… Saya milih pesen kamar dormitory ( kamar yg isinya banyak orang) kayak asrama gitu, karena saya pengen ngerasain tidur hemat ala backpacker. Tarifnya per malam relatif murah, SG 12 $ per malam per kepala. Kelar booking, saya dianter ke kamar no.23, di kamar itu ada 4 ranjang, tiap ranjang ada dua bed tingkat atas bawah, jadi total penghuni 8 orang. Ada kipas angin biar gak panas. Ternyata disitu saya penyewa bed terakhir. Ketujuh bed yg lain udah disewa orang. Saya dapet tempat di pojokan, tepat di bawah jendela. Pas aku kesana suasana kamar sepi. Mungkin penghuni yg lain belom pada balik ke GH.

Urusan penginapan dah beres, kak Lila dan kak Ayu cabut dari guest house. Mereka menginap di rumah saudara kak Lila di distrik Tampines, sebelah timur Singapura. Kami janjian ketemuan besok pagi jam 9 pagi WIB di halte bus dekat tempat saya menginap.

Bagian Depan Hostel

Tinggallah saya sendirian aja di kamar itu. Mau naruh ransel & barang2 di locker saya gak bawa gembok ma kunci. Untung resepsiopnis nyediain, saya tinggal beli. Sejenak saya rebahan di ranjang, datang 2 org bule ke kamar. Kami saling berkenalan, William dari Argentina dan Remik dari Polandia. Awal-awal ngobrol ma mereka pake bahasa Inggris saya canggung abis. Tapi lama2 saya juga bisa paham mereka ngomong apa, meski masih belepotan kalo saya yg ngomong. Disitu ada juga TKW Indonesia yg kerja sebagai cleaning service. Namanya mbak Nora, asli Bandung.

Saya inget kalo belum sholat Maghrib dan Isya’, buruan saya bilang ma mereka mau sholat. Berkat bantuan dari pelayan restoran India di bawah hotel tempat saya nginep, saya melangkahkan kaki menuju Masjid Sultan, kawasan Arab Street, sekitar 10 menit dari BCC hotel. Begitu indahnya malam di Singapura, lampu warna-warni menerangi jalan, saya perhatiin orang sana kalo jalan cepet , tertib kalo mau nyeberang, beda ma masyarakat kita. Sampe di masjid, suasana udah sepi. Alhamdulillah masjid masih buka. Habis sholat, saya jalan2 seputaran Arab Street. Jalan2 nampak cantik dihiasi lampu warna-warni. Dekat situ banyak restoran yg menjual masakan India, Thailand, bahkan masakan Padang dan Jawa juga ada. Puas jalan2 sendirian, saya balik ke hotel.

Di kamar no.23, tempat saya menginap, udah rame rupanya. Ada William ma Remik, terus ada cewek juga ! Baru tau kalo di kamarku, ada 2 orang cewek. Mereka orang Jepang, namanya Eri ma Kazuko. Kazu seorang mahasiswi S2 Bahasa jurusan Linguistik di Jepang. Selain itu, katanya ada 2 orang Korea ma seorang Amrik, tp mereka belum pulang ke hotel.

Malam makin larut, tapi saya belum ngantuk juga. Saya ke resepsionis. Koko China yg tadi sore bertugas sudah ngga ada. Diganti ma orang Melayu, namanya Pak Isnin. Saya nggak usah ngomong Inggris nih. Si koko China kerja part time sama pak Isnin. Pak Isnin kerja jaga malem ampe pagi, si koko dari pagi ampe sore. Bentar aja saya ngobrol ma Pak Isnin, habis itu saya balik ke kamar, tidur.